January 1, 2013

Tanggung Jawab vs Kapasitas

Banyak yang berpikiran bahwa mengambil tanggung jawab akan sesuatu itu hal yang baik, namun ada juga yang berpikiran bahwa hal itu tidak baik. Kenapa?


Tanggung jawab hal yang baik
Dalam berkegiatan terutama dalam berorganisasi, kita selalu berhubungan dengan orang lain dan menjalani peran dan posisi masing-masing. Potensi setiap individu berbeda-beda sehingga posisi dan peran yang dijalani pun berbeda. Orang yang berani mengambil tanggung jawab lebih akan memiliki potensi yang lebih baik dibandingkan orang yang sudah nyaman dengan zona-nya. Dengan berani keluar dari zona nyaman, maka skill yang dimiliki akan semakin terasah dan pengalaman yang dimiliki akan lebih banyak. Ada sebuah quotes yang mengatakan "THE PRICE OF GREATNESS IS RESPONSIBILITY -Winston Churcil-"


Tanggung jawab hal yang tidak baik
Setiap orang memiliki potensi masing-masing yang berbeda. Dalam mengambil tanggung jawab kita perlu memperhatikan kapasitas diri kita untuk menjalaninya. Dengan secara mudah mengambil tanggung jawab A-Z tanpa melihat kapasitas diri, maka hanya akan membuat diri kita kesulitan dan menghadapi banyak masalah. Mengambil tanggung jawab yang besar tapi kita tidak mampu sama saja dengan menjalani hal yang sia-sia sehingga tidak akan mendapatkan manfaat yang besar


Tanggung jawab berkaitan dengan potensi dan kapasitas diri setiap individu. Hal ini dapat dilihat dari tingginya kapasitas atau kemampuan seseorang akan membawanya ke tanggung jawab yang besar pula. Seperti quotes yang ada pada sebuah film yang mengatakan "WITH GREAT POWER, COMES GREAT RESPONSIBILITY -Spider-Man-". Namun tanggung jawab yang besar tidak hanya untuk orang-orang yang memiliki potensi besar saja, tetapi orang-orang yang berani untuk keluar dari zona nyamannya dan ingin mendapatkan pembelajaran besar dapat mengambil tanggung jawab besar pula. Walaupun kapasitasnya belum pasti berhasil dalam menjalankan tugas, namun banyak manfaat dan pembelajaran dari setiap tanggung jawab. Kegagalan merupakan salah satu pembelajaran juga yang dapat diambil sehingga kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

Dalam kehidupan kemahasiswaan yang belum bersentuhan dengan dunia nyata, beranilah untuk mengambil tanggung jawab dalam berkegiatan. Jangan hanya berpuas diri dengan apa yang dimiliki sekarang dengan zona nyaman yang ada. Terus belajar dan terus mencari pembelajaran sebanyak-banyaknya. GAGAL? SO WHAT! berarti kita tidak akan mengulangi kegagalan tersebut untuk kedua kalinya dan akan menjadi bekal dalam berkegiatan di dunia nyata nantinya. Besarnya manfaat yang akan kita dapatkan tergantung usaha kita dalam menjalani semua kegiatan yang ada, maka berusahalah sebaik-baiknya sehingga tidak ada penyesalan dalam kehidupan. Seperti quotes yang dikatakan oleh Albert Einstein, 

"WE HAVE TO DO THE BEST WE CAN. 
THIS IS OUR SACRED HUMAN RESPONSIBILITY"  



No comments:

Post a Comment