December 23, 2011

Sepenggal Kisah MPAB 2010

MPAB (Masa Penerimaan Anggota Biasa) merupakan ospek jurusan planologi ITB untuk memasuki HMP PL ITB (Himpunan Mahasiswa Planologi Pangripta Loka ITB). MPAB tahun ini berbeda dengan MPAB sebelum-sebelumnya karena terdiri dari dua fase. Fase 1 merupakan masa-masa dimana kita diberikan pembekalan calon anggota dengan mendapatkan materi dari senior-senior yang sudah berpengalaman serta bertujuan untuk mengetahui mengenai HMP, seperti asas, tujuan, AD/ART, Badan Pengurus, Dewan Perwakilan Anggota, Rapat Anggota, dan lainnya. Fase 2 itu tahap implementasi dari apa yang telah kita dapatkan selama MPAB fase satu dengan tujuan agar anggota muda mengetahui bangaimana rasanya ber-HMP sebelum nantinya mantap memilih HMP untuk beraktivitas.

Menurut gue MPAB beda banget dengan osjur-osjur pada umumnya di ITB. Di MPAB kita bener-bener dikasih pilihan untuk himpunan atau tidak. HMP tidak memaksakan keinginan seseorang dan setiap orang bebas memilih prioritasnya. Kami tidak diajarkan kebersamaan yang bodoh dalam menjalani MPAB ini dan kami semua menyadari kalau semua orang memiiki hak dan keinginannya masing-masing. Tugas kita di sini sebagai taman dan keluarganya yaitu membantu dalam memilih apa yang menjadi keinginannya dan terus mendukung apapun yang terjadi baik dan buruk kedepannya. 

Banyak manfaat yang gue peroleh sebagai individu maupun sebagai satu angkatan selama keberjalanan MPAB. Kami yang pada awalnya belum mengenal akhirnya dapat mengenal satu sama lain dan jadi makin dekat. Kemudian kami yang tadinya apatis menjadi peduli dengan angkatan, dan masih banyak lagi perubahan-perubahan yang kami alami. Kami yang tadinya hanya memikirkan kuliah dan main sekarang jadi peduli dengan masalah-masalah sekitar, kemudian kami juga jadi lebih matang dari segi pemikiran kami dan menjadi lebih terbuka dalam mengemukakan pendapat.

Menurut apa yang telah gue rasakan sekarang, manfaat MPAB dua fase sangat banyak, terutama saat kami satu angkatan planologi 2010 telah dilantik menjadi anggota HMP. Kami menjadi tidak canggung lagi untuk berkumpul dengan senior-senior sehingga dapat bekerja sama dengan baik. Hal tersebut dikarenakan masa-masa canggung telah dilewati pada saat fase 2. Kemudian kami juga menjadi lebih mengerti apa yang harus dilakukan saat di HMP karena pada saat fase 2 kami telah mengetahui lebih jauh dan menjalani beberapa proker serta mengenal lebih jauh mengenai Badan Pengurus HMP.

Selama sekitar 1 bulan kami telah dilantik menjadi Anggota Biasa HMP, gue melihat beberapa perubahan dari teman-teman planologi 2010. Gue saat ini magang di divisi MSDA melihat bahwa teman-teman yang sedang magang di divisinya masing-masing memiliki perubahan baik dalam pola pikir maupun tindakan. Anak-anak divisi kesenatoran, yang tadinya tidak peduli permasalahan sekitar menjadi lebih kritis dalam menanggapi masalah-masalah yang ada di sekitar. Lalu anak-anak divisi internal, yang tadinya ke sekre cuma buat ngerjain tugas kuliah atau main-main sekarang jadi selalu kumpul buat persiapan Pesta Bersinar dan juga makin deket satu sama lainnya. Terus anak-anak divisi senior juga yang tadinya jarang ke sekre jadi sering ke sekre dan jadi lebih berbaur dengan yang lainnya. Masih banyak perubahan-perubahan yang gue rasakan dari temen-temen semua. Walaupun ada beberapa temen yang kelempar pilihannya untuk magang kali ini, tapi kalo gue liat semuanya udah mau berusaha yang terbaik dari diri mereka buat HMP. 

Walaupun kita udah 1 bulan dilantik, tapi ini merupakan awal kita dalam beraktivitas dan berkontribusi di HMP. Masih banyak hal-hal yang akan kita lakukan untuk HMP dan itu butuh perjuangan yang ga sedikit dari kita. MPAB cuma fasilitator untuk kita agar kita lebih siap untuk ber-HMP kedepannya. Yang menentukan kita berhasil atau tidak nantinya adalah diri kita sendiri. Jangan pernah mikir bahwa kita mau biasa-biasa aja di HMP, buktikan bahwa kita semua BISA membuat HMP berprestasi.

Semerah darah sebening air mata
Itu semboyan Kita
Majulah maju pantang menyerah
Sebelum kita menang! kita menang!
Ingatlah selalu akan tugas wajibmu
Tetap insyaf dan sadar
Junjunglah selalu kebanggaan kita
Pangripta Loka tetap jaya!
HMP! HMP! HMP!

December 22, 2011

Udah lama banget gue ga berceloteh di blog. Hal itu disebabkan oleh banyak kendala yang gue alami. Faktor utamanya yaitu karena di kostan gue GA ADA INTERNET , yang berikutnya karena sibuk kuliah *gaya bgt* dan yang terakhir karena emang males hehe. Nah sekarang mumpung gue lagi bisa internetan dan lagi ga sibuk mari kita berceloteh sedikit mengenai kehidupan perkuliahan gue selama semester 3 ini. Ada beberapa kisah yang mau gue cerita seperti perkuliahan tingkat 2, MPAB alias osjur, dan HMP PL ITB (Himpunan Mahasiswa Planologi Pangripta Loka ITB). Begini ceritanya:



TINGKAT II PLANOLOGI ITB

Setelah belajar setahun penuh TPB, akhirnya kami semua ITB 2010 memiliki jurusan masing-masing. Saya termasuk salah satu orang yang masuk dalam jurusan Planologi. Planologi apaan sih? 
Plan(t): Mempelajari tentang tumbuhan? OH NOOOO BUKAN ITU
Planologi mempelajari planet bukan sih? WAH itu Astronomi Mbak
Mungkin planologi itu mirip-mirip psikologi kali ya? ASUMSI BERLEBIHAN

Oke jawaban anda semua salah. Yang bener itu planologi adalah ilmu yang mempelajari perencanaan wilayah dan kota. Planologi merupakan multi disiplin ilmu. Banyak hal-hal yang dipelajari seperti kependudukan, sosial, kebijakan, hukum, lahan, pembangunan, ekonomi, dan lain-lain. Saat ini jurusan planologi masih asing di telinga masyarakat, mungkin karena jenis pekerjaannya yang terlalu luas, tidak seperti jurusan yang pada umumnya sudah jelas akan berkarir dimana layaknya dokter, akuntan, atau arsitek. Sejujurnya saat ini saya juga masih dalam proses mencari apa yang ingin saya lakukan nantinya dan juga saat ini saya ingin mengetahui lebih jauh mengenai jurusan planologi. Tapi jujur sampai saat ini saya menyukai apa yang dipelajari di jurusan ini dan semoga kedepannya akan semakin baik.

Di tingkat 2 ini ada 7 mata kuliah yang saya pelajari:
1. Pengantar Data Spasial
   Pada mata kuliah ini kita mempelajari mengenai perpetaan, manfaat serta kegunaannya dalam perencanaan wilayah dan kota.
2. Metoda Analisis Perencanaan
  Pada mata kuliah ini kita memperlajari statistika, jenis-jenis metoda, cara menggunakannya, serta interpretasi terhadap perencanaan wilayah dan kota.
3. Tata Guna Lahan
    Pada mata kuliah ini kita mempelajari mengenai kegunaan lahan, nilai lahan, hukum-hukum yang terkait, serta manfaat dan kegunaannya dalam perencanaan wilayah dan kota.
4. Analisis Sosial dan Kependudukan
    Pada mata kuliah ini kita mempelajari mengenai kependudukan, sejarah, faktor-faktor yang mempengaruhi, cara menghitungnya dan menganalisisnya, serta interpretasi terhadap perencanaan wilayah dan kota.
5. Infrastruktur Wilayah dan Kota
  Pada mata kuliah ini kita mempelajari mengenai infrastruktur, jenis-jenisnya, permasalahan yang ada dan analisis terhadap perencanaan wilayah dan kota. 
6. Pengantar Ekonomika
    Pada mata kuliah ini kita mempelajari mengenai dasar-dasar ekonomi makro dan mikro, manfaatnya, serta kegunaannya dalam perencanaan wilayah dan kota.
7. Analisis Sumber Daya Alam dan Lingkungan
    Pada mata kuliah ini kita akan mempelajari mengenai sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar kita serta mengaitkannya dengan perencanaan wilayah dan kota agar dalam merencanakan sesuatu tidak merusak lingkungan dan membahayakan makhluk hidup.

Ada yang bilang tingkat 2 planologi itu pengenalan mengenai planologi dan baru diberikan hal-hal mendasar terkait dengan perencanaan wilayah dan kota. Memang mungkin sebagian besar dari kami masih belum terlalu paham akan planologi itu sendiri, namun keilmuan ini menurut saya sangat bermanfaat untuk diri kita dan juga ilmu yang kita pelajari dapat diaplikasikan langsung dalam kehidupan kita.

Masih banyak waktu untuk kita semua mempelajari akan keilmuan yang kita jalani saat ini. Maka dari itu pelajarilah dengan serius dan ambil manfaat sebanyak-banyaknya dari apa yang kita pelajari sehingga pada akhirnya kita dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di dunia saat ini dengan menggunakan ilmu yang telah kita dapatkan. Perjalanan kita masih panjang kawan. Tingkat 2 ini hanya merupakan titik awal dalam mencapai mimpi-mimpi besar yang sedang menanti untuk dicapai dengan usaha terbesar kita.